Selamat datang di blogku

haaaiiiiiii,......

Selasa, 06 April 2010

Vitamin C

VITAMIN C BERLEBIH BISA MERUSAK GIGI

Vitamin C punya banyak manfaat kesehatan seperti meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah flu. Tapi terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C bukan manfaat yang didapat tetapi efek sampingnya.
Seperti dilansir anyvitamins.com, vitamin C dikenal juga dengan banyak nama seperti asam askorbat yang merupakan vitamin yang larut dalam air.
Karena larut dalam air, vitamin C dianggap sebagai nutrisi paling aman dan efektif yang diperlukan oleh tubuh.
Vitamin C ini tidak diolah dalam tubuh dan karenanya bisa didapatkan dari pangan atau suplemen.
Makanan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, lemon, limau, kubis, kembang kol, asparagus, brokoli dan lainnya.
Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen yang membantu penyembuhan luka. Vitamin C juga diperlukan untuk pemeliharaan tulang rawan, tulang dan gigi.
Kekurangan vitamin C bisa menyebabkan kudis, anemia, masalah gastrointestinal dan dermatitis. Tapi ingat!!! Konsumsi vitamin C harus pas, jangan berlebihan untuk menghindari masalah over dosis.
Menurut Food and Nutrition Board dan National Academy of Sciences National Research Council, dosis vitamin C untuk anak usia 5 tahun sebesar 45 mg per hari. Sedangkan untuk dewasa sekitar 75-150 mg per hari.
Namun pendapat lain mengatakan tubuh masih mentoleransi dosis vitamin C hingga 500 mg.
Ada juga pendapat yang mengatakan kemampuan tubuh meyimpan vitamin C bisa mencapai maksimal 2.000 mg/hari, diatas itu sudah tidak diserap tubuh.
Dosis yang berlebihan hanya akan sia-sia masuk ke tubuh dan akan dibuang melalui urine bahkan bisa mengganggu fungsi tubuh.
Terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C akan mengakibatkan efek samping seperti sakit kepala, mual, muntah, sakit perut, kelelahan, mengantuk, gangguan pencernaan, kram usus, diare, insomnia, batu ginjal, iritasi di kerongkongan, hingga pengeroposan gigi.
Orang yang mengidap penyakit kelebihan zat besi atau hemochromatosis juga harus menghindari kelebihan konsumsi vitamin C karena dapat menyebabkan keracunan zat besi.
Sedangkan ibu hamil, kelebihan vitamin C selama bulan pertama bisa menekan produksi progesterone yang dapat memicu keguguran.
Makan buah segar dan minum air yang banyak bisa menghilangkan kelebihan vitamin C dari dalam tubuh dan menghindari semua efek samping kelebihan vitamin C.(nda)

Sumber : Tribun Trimur Edisi Minggu, 04 April 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar